. bee blog: DEFINISI SENYUM

DEFINISI SENYUM

Nitip EKSIS gaees :D
Foto-foto ter-uptodateee bingit at kampus :)


DEFINISI SENYUM
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi dari senyum adalah gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang,gembira,suka,dan lain sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit. Sedangkan menurut saya pribadi definisi dari senyum adalah suatu bentuk dari ekspresi wajah yang memperlihatkan ketertarikan terhadap sesuatu yang membuat diri kita suka untuk melihatnya.
Jadi definisi senyum tersebut menunjukkan suatu ekspresi baik itu senang,bahagia,gembira atupun suka terhadap sesuatu. Beberapa mitos tentang senyum salah satunya adalah senyum dapat memperpanjang umur dan membuat wajah terlihat lebih muda. Kebenaran dari mitos tersebut sampai saat ini menurut saya belum ada kepastian ilmiah nya akan tetapi, dari senyum tersebut membuat diri kita dipandang ramah oleh orang lain yang bertemu dengan kita. Dengan demikian hubungan sosial kita terhadap orang lain akan lebih terjalin secara harmonis karena raut wajah kita yang selalu tersenyum yang dapat dipandang senang atau enak oleh orang yang melihat kita saat bertemu secara langsung. Dalam hal pekerjaan yang melibatkan kita akan selalu banyak bertemu dengan orang lain hal senyum itu adalah salah satu faktor penunjang yang penting untuk berlangsungnya kegiatan pekerjaan yang dapat berjalan dengan baik apabila kita bertemu dengan rekan kerja yang lainnya.








>MACAM-MACAM SENYUM

1. Senyum sinis
adalah senyum yang mencerminkan ketidaksukaan atau cemoohan, biasanya diakibatkan oleh rasa iri dan dengki. Jenis senyuman ini sebenarnya kurang enak dipandang mata, terutama bagi korban, namun bagi si pemberi senyuman hal ini sesungguhnya merupakan suatu bentuk ketidakpercayaan diri (baca : terserang penyakit hati).

2. Senyum menggoda
adalah senyuman yang mampu membuat orang lain takluk / tunduk. Jenis senyum ini bisa diberikan sengaja maupun tidak sengaja. Hati-hati terhadap senyuman ini, karna mungkin saja si pemberi senyuman secara sengaja menggoda orang lain untuk melakukan maksud dan tujuan tertentu.

3. Senyum ketabahan / ketegaran
adalah jenis senyum yang menggambarkan ketabahan seseorang, dikala duka atau bersedih, si pemberi senyum ini dengan ikhlas berbagi senyum terbaiknya. Jenis senyuman ini lumayan sulit diterapkan, membutuhkan tenaga dan kekuatan ekstra untuk menyunggingkan senyum di tengah kesedihan yang melandanya. Yang dipikirkan oleh orang-orang ini adalah bahwa “orang lain tidak perlu tahu keburukan / musibah yang melanda dirinya sendiri”.

4. Senyum tulus
adalah senyum yang diberikan dengan tulus untuk tujuan membahagiakan orang lain. Mirip dengan senyum ketabahan, namun jenis senyum ini tidak terbatas pada kondisi dan keadaan psikologis seseorang.

>MANFAAT SENYUM

Dari berbagai hal yang kita lakukan terhadap sebuah ekspresi senyum membuahkan sebuah manfaat yang cukup tidak biasa antara lain:

1. Senyum membuat anda lebih menarik.
Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari anda, tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik.

2. Senyum mengubah mood anda
Ketika anda merasa jatuh atau “down” cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood anda akan berubah menjadi lebih baik.

3. Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum
Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya, dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka anda akan disukai oleh banyak orang.

4. Senyum dapat membuat seseorang terbebas dari penyakit
Senyum yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari itu memiliki banyak manfaat yaitu dengan sembuhnya beberapa penyakit seperti stress/frustasi, jenuh atau bahkan depresi. Dengan senyum yang kita lakukan itu secara langsung mengarah ke sistem saraf manusia yang membuat seorang manusia merasa lebih senang dan bahagia. Hal tersebut dapat terlihat dari bentuk ekspresi wajah yang gembira dengan wajah yang terasa indah untuk dipandang.

5. Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh anda
Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.

6. Senyum menurunkan tekanan darah anda
Ketika anda tersenyum,maka tekanan darah anda akan menurun. Jika anda tak percaya, anda boleh mencobanya sendiri, jika anda memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah anda.

7. Senyum membuat anda tampak sukses
Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat anda melakukan pertemuan dan saat ada janji, yakin rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat anda akan merasakan sesuatu yang berbeda.

8. Senyum membuat anda tetap positif
Cobalah tes ini: Senyumlah. Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulit kan ? . Karena ketika anda tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh anda bahwa “hidup anda saat ini baik-baik saja”.

Maka jauhkan diri anda dari depresi, stress, dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu “senyum”, tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat, tidak kemudian berlebihan. Karena jika berlebihan, maka tentu orang lain akan menganggap anda kurang waras…lalu pertanyaan sederhananya… “sudahkan anda tersenyum hari ini…??”


>PENERAPAN DALAM MASYARAKAT

Seperti yang telah saya bahas diatas bahwa senyum dapat membuat hubungan sosialisasi kita terjalin lebih baik maka dari itu disini dalam penerapannya kedalam kehidupan masyarakat adalah apabila senyum itu terus menerus dilakukan sehari-hari oleh kita dapat memicu dampak psikologis yang baik, salah satunya perasaan kita akan lebih stabil karena kita merasa bahagia dan juga hubungan sosial kita dapat terjalin dengan baik, berarti dengan begitu secara tidak langsung penerapan senyum dalam masyarakat itu dapat membuat kita akan lebih banyak memiliki relasi atau hubungan dengan teman-teman yang cukup luas, karena orang lain yang memandang kita dapat memberikan nilai yang positif terhadap sikap kita sehari-hari. Selain dari penerapan itu juga banyaknya senyum yang kita lakukan sehari-hari secara tidak sengaja memberikan energi yang positif yang berada dimana kita menetap. Semakin orang lain menyukai sikap yang ramah yang kita buat dari sebuah senyuman maka dengan begitu orang lain akan merasa senang dan nyaman apabila bertemu dengan kita di tiap berbagai kesempatan baik dalam hal pekerjaan ataupun hubungan sosial.

Dengan begitu dari uraian mengenai senyum itu dapat memicu kita agar lebih dapat melakukannya dalam kehidupan sehari-hari karena dengan adanya beberapa manfaat dari senyum tersebut tidak ada yang merugikan diri kita, akan tetapi lebih memberikan dampak positif yang lebih banyak demi kelangsungan hidup kita sebagai manusia sosial.




0 komentar:

Posting Komentar

shoutchat


ShoutMix chat widget